Panduan lengkap pengisian Nilai Raport di Dapodik untuk SD

Baca Juga

Panduan lengkap Cara input/entri atau mengisi Nilai Raport di Dapodik untuk tingkat SD ini merupakan tutorial khusus yang akan saya buat untuk tingkat sekolah dasar (SD) dikarenakan  fitur pengisian nilai rapor dan nilai US/USBN  tingkat SD baru saja dirilis dengan versi terbarunya yaitu dapodik versi 2017c, jika belum mempunyai pacth dapodik 2017c bisa anda download DISINI.

Input nilai rapor di dapodik ini merupakan pekerjaan yang sangat melelahkan, karena kita harus input nilai raport untuk 6 semester, bayangkan saja satu semester saja sudah berapa mata pelajaran yang harus kita isi untuk tiap kelasnya, akan tetapi dalam panduan lengkap input nilai rapor dapodik atau surat edaran resmi dari kemdikbud tentang pengisian nilai rapor didapodik sudah dijelaskan bahwa  pengisian/input/entri nilai didapodik adalah tugas guru, didalam panduan lengkap yang resmi dikeluarkan oleh kemdikbud sudah disebutkan tugas-tugas dalam pengisian nilai raport didapodik, operator hanya membuatkan mata pelajaran evaluasi diaplikasi dapodik, sedangkan untk guru yaitu mengisi nilai raport dengan login menggunakan akun PTK yang telah dibuatkan oleh operator.
Cara mengisi Nilai Raport di Dapodik untuk tingkat SD
Cara mengisi Nilai Raport di Dapodik untuk SD

Apa sajakah yang dilakukan sebelum mengisi atau menginput nilai raport didapodik? berikut akan saya bahas langkah awal cara input/mengsisi nilai rapor didapodik tingkat SD :

1. Pastikan aplikasi dapodik anda sudah menggunakan versi 2017c, jika belum silahkan download terlebih dahulu patch dapodik versi 2017c DISINI, setelah download silahkan instal sampai selesai.

2. Lakukan generate prefill rapor pada halam resmi generate prefill raport, jika belum tau caranya silahkan bisa baca artikel Cara Generate Prefill Raport di dapodik versi 2017c.

3. Langkah ketiga adalah menyiapkan akun PTK yang nantinya akan digunakan oleh guru untuk login menggunakan akun PTK tersebut, jika belum buat akun PTK silahkan bisa baca juga Cara membuat akun PTK untuk pengsian nilai rapor di dapodik.

Jika syarat-sarat diatas semua sudah diselesaikan tinggal langkah inti yaitu mengisi nilai raport di dapodik, untuk pengsian Nilai raport didapodik ini mempunyai peran atau tugas sendiri-sendiri.

Tugas Operator Sekolah dalam Penginputan/pengisian nilai rapor di dapodik

  1. Menyiapkan aplikasi sampai siap digunakan (hal ini adalah langkah awal yang sudah saya terangkan di atas)
  2. Membuat akun PTK didapodik dan mengajarkan kepada guru cara login dapodik menggunakan akun PTK, jika belum bisa silahkan bisa baca disini Cara login dapodik menggunakan akun PTK.
  3. Membuat mata evaluasi diaplikasi dapodik menggunakan login operator, cara membuat mata evaluasi pertama yang harus dilakukan adalah login terlebihdahulu menggunakan akun operator, klik nilai dan pilih rapor maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini :


untuk membuatnya silahkan pilih rombel yang akan dibuat nama mata evaluasinya dan klik tambah maka akan muncul pilihan nama-nama mata pelajaran beserta guru kelasnya, klik tambah.

Tugas Guru dalam pengsian nilai raport di dapodik.
Dalam hal ini guru kelas SD sangatlah berperan dalam pengisial nilai araport, dikarenakan jika operator yang mengisi dengan menggunakan login operator dapodik tidak akan bisa, untuk pengisian nilai raport dapodik hanya bisa dilakukan melalui akun ptk yang telah dibuat di dapodik.

untuk tutorial lengkap cara pengisian Nilai rapor dan US/USBN di dapodik sudah saya siapkan dokumen format .pdf yang bisa anda download melalui link dibawah ini :



Nah itulah yang bisa saya tulis tentang Panduan lengkap pengisian Nilai Raport di Dapodik untuk SD, lebih detail dan lengkap silahkan download file diatas,

12 Responses to "Panduan lengkap pengisian Nilai Raport di Dapodik untuk SD"

  1. Balasan
    1. Silahkan pak, trimaksih sudah berkunjung

      Hapus
  2. Bagaimna cara downloadnya.. Pleace waitnya ngk gerak2..

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara mendownload file, klik link downloadnya maka akan muncul halaman baru, halaman tersebut sebagai pengantar saja, tunggu kurang lebih 30 detik maka kan muncul link downloadnya di bagian bawah, silahkan klik untuk mendownload.

      Hapus
    2. Gk ada link downloadnya.. Link nya mengarah ke sini. dehardi.blogspot.co.id/2017/05/belt-furnacesthese-belt-furnaces-are.html?url=aHR0cHM6Ly9kcml2ZS5nb29nbGUuY29tL2ZpbGUvZC8wQjNoQ19ycmNxOGFrWjJwVk9FOVZWbkpSTTJNL3ZpZXc%3D&m=1

      Setelah itu tdk ada link lagi

      Hapus
    3. Minta link aslinya aja gan. Klo gk pakai ada yg lain aja..

      Hapus
  3. Ada kayak kotak kecil itu link downloadnya.

    BalasHapus
  4. Entri nilai tugas guru????
    Beneran apa gak beneran ni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener bu, klw gx mau entri ya udah biarin aja...

      Hapus
  5. Kepada pihak yang berwenang dalam ini dinas pendidikan untuk operator dapodik diperhatikan kesejateraan nya terutama operator di sd negeri karna tidak ada regulasi yang jelas mengenai honorarium bagi operator di sd..tolong di perhatikan agar ada aturan yang jelas mengenai besaran honorarium operator di sd negeri kami ini juga manusia yang butuh kesejateraan pak..

    BalasHapus
  6. semakin mudah saja tugas guru kelas..

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak sobat untuk berkomentar terkait artikel di atas, biasakan membaca terlebih dahulu sebelum bertanya.
Bagi rekan-rekan Operator Sekolah yang bisa menjawab silakan dimoderasi....