Sabtu, 01 Juli 2017

Petunjuk Teknis (Juknis) Program SIM PKB Guru 2017

Petunjuk Teknis (Juknis) Program SIM PKB Guru 2017 sudah disusun jadi referensi kerja untuk penyelenggara, pemakai, ataupun pemangku kebutuhan untuk berencana serta melakukan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIM PKB Guru) untuk guru kelas, guru mata pelajaran/kompetensi ketrampilan ataupun guru tuntunan konseling untuk semuanya tahap pendidikan manfaat tingkatkan kwalitas pendidikan.

Petunjuk Teknis (Juknis) Program SIM PKB Guru 2017 www.aan88.net
Petunjuk Teknis (Juknis) Program SIM PKB Guru 2017

Kriteria Peserta SIM PKB Guru Pembelajar


Program ini mewajibkan peserta merampungkan paling tidak 2 (dua) grup kompetensi yg nilainya terendah dlm setahun program jalan atau 2 (dua) modul prioritas serta moda yg ditetapkan oleh penyelenggara Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.

Kriteria Peserta 

Profil hasil UKG-nya tunjukkan ada 3 (tiga) sampai 10 (sepuluh) grup kompetensi yang nilainya dibawah KCM (65). Bila guru itu belum juga UKG atau sudah UKG namun mata pelajaran/paket ketrampilan/tahap tidak cocok, jadi guru itu diharuskan lakukan tes awal memakai system UKG.
Tercatat di Komune GTK pada System Info Manajemen (SIM) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.
Ada di lokasi yg ada akses/jaringan internet (spesial peserta moda daring). Bersedia melakukan evaluasi dengan tekad serta prinsip yg tinggi.

Type Moda SIM PKB Guru Pembelajar


Kemdikbud lewat Dirjen GTK meningkatkan program jadi 3 moda, yakni moda Tatap Muka ; Moda Daring Murni (full on-line learning) ; Moda Daring Gabungan (gabungan daring dgn tatap muka (blended learning).

1. Moda Tatap Muka 


Moda Tatap Muka ini sisi system evaluasi, dimana berlangsung hubungan dengan segera pada peserta dengan fasilitaor yang mencakup pemberian input materi, bertanya jawab, diskusi, latihan, praktik ataupun penilaian.

2. Moda Daring Murni 


Evaluasi pada jenis ini cuma melibatkan fasilitator serta guru jadi peserta. Memakai tehnologi info serta komunikasi, peserta dengan penuh lakukan evaluasi dalam jaringan dengan terhubung lantas pelajari bahan ajar (Modul), kerjakan lembar kerja, berdiskusi dan sharing ilmu dan pengetahuan ataupun pengalaman dengan peserta yang lain. Sepanjang sistem evaluasi, peserta difasilitasi dengan daring penuh oleh pengampu serta dibantu admin LMS dengan tehnis evaluasi.

3. Moda Daring Kombinasi 


Pada moda daring gabungan, peserta berhubungan dgn pengampu dengan daring, sedang hubungan pada peserta dgn mentor dikerjakan dengan daring ataupun luring. Hubungan belajar dalam jaringan dikerjakan dengan mandiri memakai tehnologi info ataupun evaluasi yg sudah disediakan dengan elektronik dan bisa dikerjakan setiap saat ataupun dimana saja.

Peserta berhubungan dgn pengampu dengan synchronous (hubungan belajar pd saat berbarengan memakai video call, telepon/live chat) ataupun asynchronous (hubungan belajar pd saat tidak berbarengan lewat aktivitas evaluasi yg sudah disiapkan dengan elektronik memakai komunitas/message).

Sarat serta Tempat Pelaksanaan 


Saat Penyelenggaraan moda daring diputuskan oleh semasing UPT sesaat Tempat Penyelenggaraan memakai sekolah/gedung tempat aktivitas KKG/MGMP jadi tempat evaluasi (Pusat Belajar). Pusat Belajar dipakai dlm aktivitas evaluasi moda tatap muka ataupun daring gabungan. Terkecuali sekolah/gedung tempat aktivitas KKG/MGMP, tempat evaluasi dapat juga memakai Tempat Uji Kompetensi (TUK) di Kabupaten/Kota, atau sekolah tempat peserta bertugas mengajar.

Persyaratan Kelulusan Peserta 


Peserta juga akan memperoleh sertifikat dari Nilai Akhir (NA) dengan predikat minimum “Cukup”. Di bawah ini kelompok predikat kelulusan peserta mengadaptasi Ketentuan Kepala Instansi Administrasi Negara No 15. Th. 2015 mengenai Dasar Diklat Prajabatan :
91 s. d 100 = Sangat Baik ;
81 s. d 90 = Baik ;
71 s. d 80 = Cukup ;
61 s. d 70 = Tengah ;
60 ke bawah = Kurang
Berdasar pada persyaratan diatas diputuskan batas nilai kelulusan pencapaian nilai akhir paling tidak 71 (memperoleh sertifikat), untuk peserta dgn nilai akhir 70 ke bawah tidak memperoleh surat info.

Kesuksesan proses SIM PKB Guru Pembelajar 2017 (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan /SIM PKB Guru) ditetapkan oleh kesungguhan semuanya pihak dlm melakukan program. Guru memiliki pekerjaan, peranan, peranan begitu perlu dan strategis dlm mencerdaskan kehidupan bangsa. Guru profesional diinginkan dapat berperan serta dalam pembangunan nasional untuk wujudkan insan Indonesia yang bertakwa pada Tuhan Yang Maha Esa, unggul dalam ilmu dan pengetahuan serta tehnologi, mempunyai jiwa estetis, etis, berbudi pekerti mulia, berjiwa sosial, serta berkepribadian baik.

Jangan lupa untuk mendownload file berkaitan dengan SIM PKB Guru Pembelajar 2017

1. [DOWNLOAD] Petunjuk Teknis (Juknis) Program SIM PKB Guru 2017
2. [DOWNLOAD] Surat edaran PKB
3. [DOWNLOAD] Format verifikasi data UKG
4. [DOWNLOAD] Format pendataan komunitas guru
5. [DOWNLOAD] Data Peserta UKG
6. [DOWNLOAD] Contoh anggaran dasar PKG, KKG, MGMP, KKKS, MKKS,  KKPS, MKPS

Download Juga :
Demikianlah yang bisa admin bagikan tentang Petunjuk Teknis (Juknis) Program SIM PKB Guru 2017 jika ada pertanyaan seputar SIM PKB guru silahkan berikan komentar anda di kolom komentar.

Silahkan tinggalkan jejak sobat untuk berkomentar terkait artikel di atas, biasakan membaca terlebih dahulu sebelum bertanya.
Bagi rekan-rekan Operator Sekolah silahkan untuk bisa membantu menjawab pertanyaan....
EmoticonEmoticon